Cara Cek Mesin Avanza Bekas

  • Diterbitkan : 03 Oct 2022

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. Jakarta – Salah satu yang harus dilakukan saat membeli mobil bekas adalah memastikan kondisi mesin baik atau tidak. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan secara teliti, karena banyak sekali yang harus diperhatikan. Biasanya untuk mobil dengan usia 5 tahun ke atas, rentan akan kebocoran atau kerembesan oli di mesin. Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, harus melakukan pengecekan pada bagian ini.

Hal itu bisa terjadi karena kerak yang menyumbat bagian tersebut, disisi lain menyebabkan temperatur mesin mobil akan cepat panas. Jika melihat air yang keluar dari ujung knalpot, anda tidak perlu panik. Hal tersebut sering terjadi karena uap air di knalpot terkondensasi pada malam hari dan terdorong keluar saat mesin dinyalakan.

Bisa juga seher atau piston yang telah baret karena kurangnya pelumas oli, dan setelan coil yang tidak pas membuat suara pada mesin mobil juga mengakibatkan getaran pada mesin. Sehingga nantinya tidak khawatir akan berapa biaya lagi yang harus dikeluarkan untuk perbaikan khususnya pada bagian mesin.

8 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. 8 Tips Jitu Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Saat membeli mobil bekas di showroom, banyak orang juga hanya mementingkan penampilan luar yang rapi dan mengkilat, padahal kondisi mesin adalah salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar, dan juga perhatikan kondisi fisik mesin.

Mobil yang sehat atau terawat saat distarter dari keadaan dingin langsung konstan menyala dan tidak tersendat-sendat. Saat menghidupkan mesin, perhatikan setiap lampu indikator apakah ada yang menyala. Banyak lampu indikator kondisi mesin pada dashboard seperti oli dan temperatur, pastikan tidak ada yang menyala.

Coba gas secara perlahan, lalu lepas dan perhatikan turun nya jarum RPM. Asap knalpot berwarna putih – Indikasi terdapat campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin. Disarankan jangan terburu-buru saat melakukan test drive, banyak masalah terjadi ketika mesin mobil sudah panas dan digunakan untuk perjalanan agak lama.

Sehingga Anda tidak perlu repot dan bisa mendapatkan mobil yang benar-benar berkualitas. Demikian tips dari kami semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam mengecek kondisi mesin mobil bekas.

17 Cara Mengecek Mobil Bekas [Panduan dan Tips Lengkap]

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. 17 Cara Mengecek Mobil Bekas [Panduan dan Tips Lengkap]

Seperti diketahui, biasanya turun mesin dilakukan jika mobil pernah tabrakan atau bekas kena banjir, dan sebab-sebab lainnya. Berikutnya kamu bisa semakin melihat lebih detail ruang mesin untuk memastikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar. Sebab, jika mobil itu dalam kondisi terawat, maka pasti tidak ada kebocoran pada mesin maupun selang-selang. Jika warna oli coklat keputihan, maka itu biasanya menjadi indikasi air banjir pernah masuk ke dalam mesin.

Untuk memastikan kondisi mesin masih dalam keadaan bagus juga bisa dilihat dari lampu indikator dan speedometernya.

Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Begini Cara Cek Bagian Kaki-kaki

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Begini Cara Cek Bagian Kaki-kaki

Otoseken.id - Mencari Toyota Avanza bekas sangat mudah ditemui di Showroom mobil bekas ataupun di situs jual beli mobil. Tidak heran karena Toyota Avanza merupakan mobil dengan gelar sejuta umat, sampai saat ini Toyota Avanza masih banyak berkeliaran di jalan.

Toyota Avanza terkenal dengan durability yang baik namun risiko kerusakan di kaki-kaki bisa saja dijumpai, misalnya pemilik sebelumnya yang sering melewati jalan rusak atau sering membawa bobot berlebih di mobil. (Baca Juga: How To Buy Toyota Kijang Innova, Ini Varian yang Banyak Dicari).

"Yang paling gampang dideteksi yakni timbulnya bunyi-bunyi di roda depan, kalau ini biasanya di tie rod atau bisa bearing rodanya," kata Diana dari Bahagia Spring, Ciputat Tangerang Selatan. Kerusakan sokbreker juga berimbas pada keausan ban yang tidak rata. "Kerusakan sokbreker bisa diliat dari keausan ban yang enggak rata, makan ban bagian luar, kalau ada tanda begitu sudah pasti itu rusak sok brekernya," kata Ujang dari bengkel spesialis sokbreker Fajar Auto, Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Oli Mesin Pakai Dipstick yang Benar

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Oli Mesin Pakai Dipstick yang Benar

GridOto.com - Oli mesin harus selalu di cek secara rutin, termasuk saat mau beli mobil bekas. Untuk mengecek volume dan kualitas oli mesin mobil bekas bisa menggunakan dipstick. Nah, Bahtiar, Kepala bengkel Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur menjelaskan cara penggunaan dipstick yang benar.

Radityo Herdianto / GridOto.com Dari Dipstick Juga Bisa Terlihat Jika Mesin Mobil Mengalami Oil Sludge. Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas, Ini Penyebab Dashboard Bisa Jadi Kusam.

"Cara pakai dipstick untuk mengetahui volume oli mesin itu sebaiknya saat mesin masih dingin," buka Bahtiar. "Saat mesin masih dingin maka oli mesin sebagian besar akan berada di bawah," tambahnya.

Setelah itu masukan kembali dipstick oli mesin sampai mentok lalu tarik secara perlahan.

Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Mesin Agar Enggak Zonk Pas Beli

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. Tips Beli Mobil Bekas, Cara Cek Mesin Agar Enggak Zonk Pas Beli

GridOto.com - Salah satu tips beli mobil bekas yang harus dikuasai adalah cara mengecek kondisi mesin. Dengan menguasai tips beli mobil bekas khususnya bagian mesin, kita bisa terhindar dari mesin yang mulai rusak.

Tips beli mobil bekas untuk memeriksa mesin, bisa dilihat dari kondisi luar ruang mesin. "Pertama, cek dulu ruang mesin, ada rembes oli atau tidak," buka Alwafi Auzan dari Aura Motor, Summarecon Serpong, Tangerang Selatan.

Selain cek mesin , cek juga oli mesin mobil apakah terkontaminasi atau tidak. Baca Juga: Mobil Terendam Banjir, Tiga Oli Mobil Ini Harus Dicek Atau Diganti. Biasanya oli rembes kerap terdapat di tabung power steering, dan paking klep serta paking kepala silinder.

Kalau tidak ada, "Periksa bagian bawah, apakah ada yang rembes juga atau tidak," tutur Alwafi. Di bawah, biasanya oli suka merembes dari paking karter oli, atau kadang dari girboks.

Apabila kering dan tidak ada rembes, maka bisa coba putar kunci kontak hingga posisi ACC.

5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

Cara Cek Mesin Avanza Bekas. 5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

Berikut ini kami sajikan 3 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas yang tidak lazim dilakukan orang. Kami pernah membahas suatu masalah, jika dana Anda terbatas maka sebaiknya mana yang harus menjadi prioritas?

Kini kami akan membeberkan artikel lanjutannya, yaitu cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas. Namun, meski demikian cara ini ampuh untuk mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda.

Itu juga menandakan campuran udara dengan bahan bakar sempurna (untuk mobil normalnya AFR atau Air Fuel Ratio dipatok di angka 14,7 :1). Hal kedua yang termasuk dalam 5 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda adalah dengan membuka tutup radiatornya.

Oh ya, pastikan jika Anda ingin melakukan hal ini kondisi mesin tidak terlalu panas, karena trik ini berpotensi untuk mencederai Anda akibat semburan air radiator yang terpompa keluar ketika mesin dalam kondisi panas. Riwayat servis adalah suatu bukti bahwa mobil bekas yang Anda incar dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Ingat, riwayat servis sebenarnya jauh lebih menentukan harga jual mobil bekas bila dibandingkan dengan bahasa iklan "ban serep tidak pernah turun" atau "kilometer rendah".