Cara Ganti Oli Gardan Xenia

  • Diterbitkan : 03 Oct 2022

Cara Ganti Oli Gardan Xenia. Sarudin selaku Kepala bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk, Jakarta Barat menegaskan hal tersebut tidak benar. Meskipun sama-sama sebagai pelumas komponen yang saling bergesekan, tetapi tetap saja peruntukkannya berbeda.

"Ya fungsinya sama-sama melumasi, tapi cara kerja dan komponen yang dilumasi berbeda," jelas Sarudin. "Kalau gardan cara kerjanya sebagai penyaluran putaran roda melalui poros axle makanya perlu oli khusus, sedangkan oli transmisi perlu peumas untuk mengubah perbandingan gear ratio (kecepatan)," lanjutnya.

Spesifikasi oli gardan yaitu SAE 90 sampai 140 dengan API GL-5 pada kemasan terdapat tulisan atau label 'Differential'.

Ciri Oli Gardan Mobil Avanza Harus Ganti dan Begini Cara Gantinya!

Cara Ganti Oli Gardan Xenia. Ciri Oli Gardan Mobil Avanza Harus Ganti dan Begini Cara Gantinya!

Akibatnya, mobil terasa tidak nyaman dikendarai, seperti suara dengungan hingga getaran yang berasal dari area bawah. Dengung dan getaran tersebut berasal dari gir yang tidak terlumasi dengan baik. Gejala yang muncul jika oli gardan harus diganti yaitu suara dengungan dari bawah mobil. Gejala lain yang muncul yaitu adanya getaran di bagian bodi ketika melewati jalan menurun. Jika kendaraan Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya datang ke bengkel dan segera mengganti oli gardan. Cara ganti oli gardan mobil Avanza manual cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kapan Ganti Oli Xenia 1300cc, 1000cc, dan 1500cc? Ini Bedanya

Cara Ganti Oli Gardan Xenia. Kapan Ganti Oli Xenia 1300cc, 1000cc, dan 1500cc? Ini Bedanya

Oli mesin pada mobil memang disarankan untuk diganti setiap 10.000 km atau ketika sudah dipakai selama 6 bulan, mana yang tercapai terlebih dahulu. Meskipun ketika pemakaian sudah mencapai 6 bulan tetapi jarak tempuh belum sampai 10.000 km, oli mesin tetap harus diganti.

Kondisi oli yang sudah jelek ini tentu saja akan menurunkan performa mobil bahkan bisa merusak komponen. Tanda berikutnya harus melakukan ganti oli Xenia 1300cc kesayanganmu adalah saat akselerasi mesin terasa berat.

Tanda berikutnya mobil Xenia 1300cc kamu harus ganti oli adalah ketika merasakan getaran yang lebih terasa daripada biasanya. Oleh karena itu kamu perlu mengecek apakah level oli sudah berada di bawah standar. Jangan lupa catat waktu yang tepat untuk ganti oli agar mesin mobil tetap prima ya.

3 Ciri Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Cara Ganti Oli Gardan Xenia. 3 Ciri Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Ya, pada dasarnya gardan juga memiliki oli sebagai pelumas agar proses kerjanya berjalan lancar. Namun jarang yang menyadari bahwa oli ini juga harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri oli gardan harus segera diganti, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Dikarenakan posisi komponen gardan berada di bawah mobil, maka pemilik kendaraan akan sangat mudah melihat gejala jika memang oli sudah harus diganti. Beberapa gejala di atas biasanya disebabkan oli gardan yang sudah tidak mampu melumasi gigi-gigi secara sempurna. Kedua, perubahan warna yang menjadi abu-abu metalik gelap karena sudah terlalu lama digunakan alias tidak pernah diganti.

Anda jangan sampai menunggu terlalu lama karena posisi oli di bagian kaki-kaki mobil sangatlah penting. Daripada mendapatkan masalah ketika sedang mengendarai mobil tersebut, sebaiknya lakukan servis sejak dini. Bagi AutoFamily yang belum tahu, kalau gardan mobil mengalami kerusakan hingga jebol, biaya servisnya terhitung mahal.

Ganti Oli Transmisi Mobil Manual, Kapan Waktu yang Tepat?

Cara Ganti Oli Gardan Xenia. Ganti Oli Transmisi Mobil Manual, Kapan Waktu yang Tepat?

Ganti oli transmisi mobil manual jadi pertanyaan para pemiliknya kala ingin melakukan perawatan agar kendaraan tetap prima saat dalam perjalanan. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen di dalam transmisi tetap terjaga dengan baik.

Salah satu tanda yang mengharuskan untuk mengganti oli transmisi mobil manual adalah susah masuk gigi. Dengan begitu Carmudian jadi ingat kapan terakhir kali mengganti oli transmisi dan gardan.

Jika bingung, konsultasikan saja ke pihak bengkel mana oli yang cocok digunakan untuk mobil kesayangan kamu ya. Salah satu ciri oli transmisi mobil manual yang sudah jelek adalah menimbulkan getaran.

Akibat jarang ganti oli transmisi mobil manual, malah harus memperbaiki dengan biaya yang besar.

Tanda-tanda Pemilik Mobil Harus Ganti Oli Gardan & Transmisi

Cara Ganti Oli Gardan Xenia. Tanda-tanda Pemilik Mobil Harus Ganti Oli Gardan & Transmisi

Sejatinya, ada dua sektor lain yang kondisinya tetap harus diperhatikan yakni gardan dan transmisi.Meski tak serutin mengganti oli mesin, kedua sektor tersebut juga memiliki batas waktu penggunaan. Technical Leader Plaza Toyota Tendean Adit, menjelaskan bahwa oli gardan dan transmisi paling lama harus diganti jika sudah mencapai 40 ribu kilometer sekali.

"Iya itu ketentuannya, masing-masing saat km mencapai 40 ribu atau kira-kira dua tahun sekali," kata Adit kepada CNNIndonesia.com.Lebih lanjut ia mengimbau agar pemilik kendaraan mengganti oli gardan dan transmisi tidak melebihi batas waktu yang ditentukan. Jika tidak, maka kedua sektor tersebut mengeluarkan bunyi berdengung.Jika sudah terdengar suara dengung pada transimi dan gardan, maka bisa dipastikan ada komponen yang rusak di dalamnya. Nah kalau udah bunyi malah itu biasanya sudah rusak," ujarnya.Bunyi tersebut tak lain berasal dari gir dalam transmisi gardan yang bekerja ekstra dan sudah harus dilumasi oli.

Kalau pelumas kurang bagus, gigi bersentuhan langsung dan bisa membuat rusak," katanya.Ia menyarankan pemilik kendaraan mengikuti ketentuan pergantian oli transmisi dan gardan sesuai dengan waktunya. Jangan sampai, Anda sebagai pemilik harus menguras kocek lebih dalam lantaran mengganti komponen pada dua sektor tersebut.

Karena itu bukan sparepart yang wajar diganti kalau penggunaan normal.