Cara Pasang Shock Depan Avanza

  • Diterbitkan : 10 Oct 2022

Cara Pasang Shock Depan Avanza. How useful was this post? Click on a star to rate it!

Submit Rating. Average rating 5 / 5. Vote count: 5213.

No votes so far! Be the first to rate this post.

Mengenali Tanda dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil

Cara Pasang Shock Depan Avanza. Mengenali Tanda dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil

Komponen satu ini memilki andil besar dalam memastikan perjalanan Anda nyaman hingga sampai tepat tujuan. Shockbreaker memang bertugas untuk meredam benturan yang terjadi ketika mobil menghadapi tanjakan atau menerjang polisi tidur. Suara tersebut biasanya disertai oleh guncangan tambahan pada mobil, bahkan bisa terjadi lebih dari satu kali. Tetapi ketika Anda merasakan bodi mobil miring atau tidak stabil, maka besar kemungkinan terjadi masalah pada shockbreaker.

Ketika Anda merasa shockbreaker sedang bermasalah, sebaiknya perhatikan muatan mobil, seperti mengurangi jumlah penumpang atau barang bawaan. Shockbreaker depan pada mobil seringkali lebih mudah mengalami kerusakan karena tugasnya untuk menopang bobot kendaraan hingga menjaga stabilitas ketika berkendara.

Namun jika Anda tidak memiliki kunci torsi, pastikan untuk mengencangkan baut secukupnya agar shock bisa terpasang dengan sempurna. Hindari berkendara ugal-ugalan seperti menerobos lubang atau polisi tidur asal-asalan untuk menjaga shock mobil berada dalam kondisi prima lebih lama. Selain itu, sebisa mungkin menghindari membawa barang atau penumpang secara berlebihan dan membuat kapasitas mobil menjadi overload.

Ganti Sendiri Sokbreker Depan, Berikut Yang Wajib Diperhatikan

Cara Pasang Shock Depan Avanza. Ganti Sendiri Sokbreker Depan, Berikut Yang Wajib Diperhatikan

GridOto.com-Sokbreker depan memiliki tugas yang cukup berat. Seiring waktu, sokbreker depan pasti akan minta ganti.

Sokbreker yang sudah rusak ditandai dari mengayunnya mobil saat dikendarai dikecepatan tinggi. Di kecepatan rendah pun, bantingan mobil terasa seperti mentok.

(Baca Juga : Tips Ganti Sokbreker di Jip dan SUV yang Sudah Lift-Up Suspensi). Hal ini karena sokbreker depan mobil sudah tidak mampu lagi menahan kondisi entakan jalan.

Posisinya yang berada di dalam banyak pemilik mengganggap susah untuk menggantinya. "Sebenarnya nggak terlalu susah kok ganti sokbreker depan, namun harus tahu tahapan caranya agar sok bisa terpasang dengan baik," sebut Popon dari Formula Jaya Per, Bekasi, kepada GridOto.com.

Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Cara Pasang Shock Depan Avanza. Tips Mengganti Seal Oli Shock Depan Langsung dari Ahlinya!

Ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melepas shock depan dari body motor. Saat shock depan masih terpasang di body motor, baut atas dan bawahnya sebenarnya mudah untuk dilepas. Karena tidak ada metal slide di dalam as shock motor model lama, seal oli dapat dilepas dengan mudah.

Namun ada kalanya motor keluaran tahun 1980-an ke atas memiliki metal slide itu di dalam as shocknya. Tergantung dari model motornya, tersedia pula jenis seal oli khusus dengan low friction loss.

Jika seal olinya miring, seimbangkan posisinya dengan cara menekan bagian yang tidak seimbang. Namun, untuk motor-motor keluaran tahun lama, tidak ada metal slide seperti itu dan kamu bisa mengeluarkan seal oli dengan alat khusus.

Jika kamu punya banyak koleksi alat-alat khusus, tentunya ini akan lebih memudahkanmu saat ingin servis motor sendiri. Jika kamu menarik keluar seal oli secara paksa dengan obeng minus atau tire lever, dinding bagian dalam dari shock ini bisa saja tergores.

Nih, Agar Suspensi Avanza-Xenia Gak Keras dan Mantul

- Komunitas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia alias AvanzaXenia Indonesia Club ( AXIC ) memiliki anggota aktif hingga ribuan mobil di Tanah Air. “Kalau suspensi belakang, hampir semuanya mengalami karena mobil terlahir sama,” jelas Bagus, mantan ketua AXIC.

“Hasilnya pun beragam dan sangat personal,” ujar Rismansyah dari divisi litbang AXIC. Mudah ditebak, saat terjadi pantulan balik (rebound) sekelar proses damping, bodi mobil seperti mental karena sokbreker tak ada yang menahan alias ngelos. Perkeong asli dan APM memang beda spek, sokbreker depan ikut diganti Kayaba tipe premium. “Konsekuensi dari settingan seperti ini, mobil lebih amblas saat bermuatan penuh,” tutur Rismansyah lagi.

Cara membuka shockbreaker dan per mobil avanza depan

Cara Pasang Shock Depan Avanza. Cara membuka shockbreaker dan per mobil avanza depan

Bagi orang yang ahli dalam bidang kaki-kaki mobil tentunya sangat mudah sekali untuk membuka komponen seperti shockbreaker avanza depan. Namun tentunya sangat sulit bagi kita atau anda yang belum pernah membuka komponen kaki- kaki termasuk membuka shockbreaker avanza yang bagian depan.

Oleh karna itu kami ingin memberikan trik dan cara bagi anda yang ingin mencoba membuka shockbreaker avanza yang bagian depan . Sebelum mendongkrak mobil hal yang paling utama yaitu mengendorkan mur shockbreaker bagian atas yang tepat nya ada di tengah2 karet suport atas' untuk lebih jelasnya buka kap mesin nya . Setelah mur shockbreaker atas sudah anda kendorkan langkah berikutnya mengendorkan baut roda.

Setelah body mobil di ganjel selanjutnya turunkan dongkrak tersebut berlahan lahan dan jangan lupa untuk menegok ganjalan sasis nya apakah benar benar pas atau tidak, dan jangan sampai ganjalan tersebut terlihat miring. Sebenarnya ada alat husus untuk mengikat bagian per nya agar tidak mental saat mur shockbreaker di buka. Setelah per terlepas lanjut ke tahap penggantian shockbreaker nya dengan yang baru.

Untuk lebih lengkap bisa anda simak vidio nya dibawah ini.

Mengupas Efek Pasang Per Sok Depan Terbalik, Pengaruh?

Cara Pasang Shock Depan Avanza. Mengupas Efek Pasang Per Sok Depan Terbalik, Pengaruh?

Menurut pengalaman dari sejumlah sumber, dengan menambah volume oli sokbreker, dapat membuat rebound balik jadi lebih lambat. Hal ini dilakukan pada sebuah Yamaha NMax, yang kala itu volume oli ditambah 15 ml dari ukuran standar untuk masing-masing sok depan. Bahkan kini untuk kebutuhan balap motor bebek banyak yang beralih menggunakan per progresif, karena tidak sepenuhnya lintasan sirkuit mulus.

Tapi, jika bicara tentang kestabilan, belum tentu serupa dengan model per satu atau pun dua karakter. Gimana sekarang sudah tahukan mengenai efek pasang per sok depan terbalik, dan juga jenis per sokbreker yang tersedia?